Tips Memilih Motor Bekas yang Mudah Dipraktikkan

  • Whatsapp
Tips-Memilih-Motor-Bekas-yang-Mudah-Dipraktikkan
Foto dari Canva Photos Unlimited

Era modern dewasa ini sangat bergantung dengan alat transportasi. Memiliki alat transportasi pribadi memberikan keuntungan bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi setiap harinya. Alat transportasi yang sangat memberikan keuntungan di tengah mobilitas tinggi dan kemacetan yaitu motor. Selain harganya yang cukup terjangkau, motor banyak diminati karena dapat menghemat waktu jika dibandingkan dengan mobil. Apabila harga motor baru dirasa masih cukup mahal, masih terdapat motor bekas yang tetap layak dijadikan pilihan. Berikut akan diulas tips memilih motor bekas yang dapat Anda praktikkan.

1. Tentukan jenis motor, dana yang akan digunakan, dan penjual yang kredibel

Untuk menentukan dana yang ingin digunakan, terlebih dahulu tentukan jenis dan merk motor yang ingin dibeli. Hal tersebut bertujuan untuk antisipasi kekurangan dana saat akan membeli motor bekas. Setelah jenis motor dan dana sudah ditentukan, mulailah untuk observasi penjual motor yang dapat dipercaya.

2. Periksa kelengkapan surat

Tips memilih motor bekas selanjutnya yaitu memeriksa kelengkapan surat mulai dari STNK hingga BPKB. Periksa juga kecocokan nomor rangka dan nomor mesin yang ada pada badan motor dengan yang tertera di surat. Apabila terdapat satu angka yang tidak sama, besar kecurigaan bahwa surat yang diberikan merupakan surat palsu dan bahkan motor yang dijual adalah motor curian.

3. Periksa body motor

Pemeriksaan body motor apakah ada bagian motor yang penyok, terdapat goresan, dan ada body motor yang pecah atau tidak lengkap juga tak kalah penting. Selain itu tanyakan pula pada penjual mengenai suku cadang yang digunakan.

4. Periksa fungsi motor dan melakukan test drive

Langkah selanjutnya yaitu memeriksa oli, speedometer, rem, lampu, sein, aki, dan gas pada motor. Fitur-fitur tersebut sangat vital bagi motor. Motor yang layak digunakan adalah motor yang fiturnya tidak pernah bermasalah. Selain itu jangan lupa untuk menanyakan apakah motor pernah mengalami kecelakaan atau tidak. Karena performa motor yang sudah mengalami kecelakaan akan sedikit berbeda.

Itulah tips memilih motor bekas yang dapat Anda praktikkan agar Anda mendapatkan motor yang berkualitas dengan harga yang terjangkau. Selamat mencoba tips diatas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *