Penyebab Motor Macet Saat Hujan, Pemilik Kendaraan Wajib Tahu

  • Whatsapp
Penyebab-Motor-Macet-Saat-Hujan-Pemilik-Kendaraan-Wajib-Tahu
Foto dari Canva Pro

Saat memasuki musim penghujan, ada baiknya pemilik kendaraan memperhatikan kondisi motor sebelum berkendara. Pasalnya genangan air pada saat musim hujan yang mengandung asam dapat memperburuk kondisi motor. Untuk itu pentingnya membersihkan dan mencuci motor setelah melewati genangan air hujan. Agar menghindari terjadinya motor macet saat hujan. Berikut komponen motor yang rentan rusak saat musim hujan.

Komponen Motor Yang Rentan Rusak Terkena Genangan Air Hujan

1. Gir Dan Rantai Berkarat

Motor yang sering melewati genangan air hujan memiliki potensi yang besar mengalami kerusakan pada gir dan rantai motor. Hal ini dikarenakan air hujan akan mudah membuat gir dan rantai berkarat. Sehingga rantai akan kaku dan dapat putus sewaktu-waktu saat berkendara. Selain itu gir dan rantai yang berkarat menimbulkan suara decitan pada motor. Untuk mengatasinya anda perlu lebih sering memberi pelumas pada rantai saat musim hujan.

2. Tutup Busi Rusak

Meskipun merupakan komponen motor yang berukuran kecil, tutup busi memiliki peranan yang sangat penting pada motor. Yaitu sebagai penghantar pengapian bahan bakar ke dalam mesin. Maka jika tutup busi rusak karena terlalu sering terkena air hujan akan menghambat proses pengapian bahan bakar. Sehingga membuat motor mogok saat dikendarai. Untuk mencegah hal ini terjadi pemilik motor harus memastikan kondisi tutup busi prima selama musim hujan.

3. Suspensi Kering

Suspensi motor merupakan salah satu komponen yang juga rentan terkena air hujan. Pasalnya komponen satu ini akan lebih cepat kering meski sudah diberi pelumas. Sehingga akan menimbulkan suara decitan saat digunakan. Terkadang suspensi yang kering akan dapat membuat motor macet saat hujan, karena komponen ini tidak berfungsi secara optimal. Untuk itu selalu perhatikan kondisi motor anda sebelum bepergian.

Mencegah kerusakan lebih baik daripada memperbaikinya. Untuk itu sebagai pemilik motor pastikan untuk selalu mengecek tiga komponen motor paling rentan rusak saat musim hujan tersebut. Pasalnya saat salah satu komponen rusak akan mempengaruhi komponen lainnya. Untuk itu sebagai pemilik motor anda harus selalu mengecek semua komponen motor dalam keadaan prima. Hal ini dikarenakan saat musim hujan mesin motor akan rentan sekali dimasuki air yang membuat motor macet.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *